Apa itu File .bat ( Batch file)

|
Quantcast
Mungkin kita sering mendapati file yang memiliki extensi “.bat”  pada saat menelusuri windows explorer, nah itu adalah salah satu batch file pada sistem operasi Windows XP. Sebenarnya, apa yang dimaksud dengan batch file ??
Batch file atau bisa juga disebut Batch programs atau script adalah file teks yang berisi serangkaian perintah yang dimaksudkan untuk dieksekusi oleh command interpreter, command interpreter sendiri adalah sebuah program komputer yang membaca baris teks yang dimasukkan oleh user dan
menafsirkan baris dan teks tadi dalam konteks yang diberikan sistem operasi atau bahasa pemrograman. Secara sederhana dapat dikatakan bahwa Batch File mempermudah pekerjaan yang memburuhkan pengulangan atau rutinitas tertentu dengan memungkinkan user membuat batch script untuk mengotomatisasi banyak perintah. Ketika batch file dijalankan, shell program (biasanya COMMAND.COM atau cmd.exe ) membaca file dan mengeksekusi perintahnya, biasanya baris per baris.
Selain itu, batch file berguna untuk menjalankan urutan executable secara otomatis dan sering digunakan untuk mengotomatisasi proses berulang-ulang. Kita  dapat memasukkan perintah-perintah tertentu, seperti for, goto, dan if, memungkinkan kita untuk melakukan pemrosesan bersyarat dari perintah dalam batch file. Sebagai contoh, perintah if melakukan perintah berdasarkan hasil kondisi atau kurang lebih sama dengan perintah if pada bahasa pemrograman pascal .
Pada Linux, batch file juga ada, disebut shell script. Pada windows 9x hanya mengakui extensi .bat. Pada keluarga windows NT batch file yang bisa digunakan adalah yang ber-extensi .cmd dan .bat .

Commands yang dapat dipakai pada Batch files di windows XP:

Call, memanggil satu batch program tanpa menghentikan induk batch program ;
Echo, mengkatifkan fitur perintah pengumandangan atau menampilkan pesan ;
Endlocal, mengakhiri lokalisasi dari perubahan lingkungan dalam sebuah batch file, memulihkan variabel lingkungan ke nilai mereka sebelum menyocokkan perintah setlocal ;
For, menjalankan perintah yang ditentukan untuk setiap file dalam satu set file ;
Goto, mengarahkan Windows XP ke baris yang diidentifikasi oleh label/penanda ;
If, melakukan pemrosesan kondisional dalam batch program ;
Pause, menunda proses batch program dan menampilkan pesan yang mendorong user untuk tekan tombol apa saja untuk melanjutkan ;
Rem, memungkinkan kita untuk memasukkan komentar dalam sebuah batch file atau dalam file konfigurasi kita ;
Setlocal, memulai lokalisasi variabel lingkungan dalam sebuah batch file, berhubungan denga perintah Endlocal ;
Shift, mengubah posisi parameter batch dalam sebuah batch file .
Itu tadi penjelasan tentang commands yang bisa digunakan pada windows XP, tapi jangan salah !! commands tadi juga dapat di gunakan pada batch file di Windows 7, kenapa ?? karena Windows XP dan Windows 7 merupakan pengembangan dari windows NT.
sampai sini dulu tulisan saya mengenai Batch File, :D

1 komentar:

Next Prev
▲Top▲