Bagian, Jenis dan Tipe Prosesor

|

Dalam melanjutkan postingan saya yang tertunda dengan label menjadi teknisi komputer profesional dan pada BAB II  Memahami Perangkat Komputer sudah sampai pada pengenalan Motherboard serta fungsinya, Nah sekarang saya akan membahas Bagian Jenis dan Tipe Prosesor.
Prosesor atau CPU (Central Processing Unit) merupakan otak dari komouter. Semua proses pada komputer berpusat pada prosesor sehingga ia merupakan salah satu bagian penting dari komputer. Satuan kecepatan prosesor adalah MHz (megahertz) atau GHz (gigahertz = 1000 MHz). Umumnya, semakin besar nilainya, semakin cepat eksekusi program dapat dilakuka pada komputer.

Bagian-Bagian Utama Prosesor
Prosesor mempunyai bagian-bagian utama yang memiliki fungsi masing-masing. Berikut adalah bagian-bagian  utama yang memiliki fungsi masing-masing. Berikut adlaah bagian-bagian utama tersebut.
·         Register adalah alat penyimpanan kecil yang terdapat dalam CPU atau prosesor dengan kecepatan akses cukup tinggi dan digunakan untuk menyimpan data dan instruksi yang sedang diporses
·         ALU (Arithmetic Logical Unit) Bertugas untuk melakukan perhitungan aritmatika yang sesuai dengan instruksi program.
·         CU (Central Unit) bertugas untuk mengontrol kerja sistem komputer.
Jenis Prosesor
Menurut pembuatnya, prosesor yang terdapat di pasaran umumnya ada dua, yaitu Intel (Pentium) dan AMD (Advanced Micro Devices). Keduanya mempunyai kelas kecepatan tersendiri. Untuk Intel, terdapat banyak pilihan kecepatan prosesor, misalnya kelas pentium 4 2.0 GHz, 3.0 GHz, dll. Saat ini, Intel bahkan telah mengeluarkan prosesor yang mampu mengahsilkan kecepatan berlipat seperti dual-core, core-2 duo, core 2 extreme, dan quad core. AMD mengeluarkan berbagai prosesor, misalanya Athlon dan Sempron. Baru-baru ini, AMD juga memperkenalakan platform terbarunya, yaitu AMD Quad FX dengan arsitektur AMD Dual Socket Direct Connect (DSDC).
Prosesor AMD berbasis Quad FX tersedia bersamaan dengan prosesor intel dual-core, yaitu Athlon 64 FX-74, FX-72, dan FX-70. Untuk Pentium 4, Intel mengeluarkan banyak versi dengan kecepatan dan soket yang berbeda-beda. Versi soket yang paling banyak digunakan dalam jajaran Pentium 4 adalah soket 478. Pada vrsi terbarunya, Intel menggunakan soket LGA 775 untuk mendukung motherboard keluaran terbaru.
Intel dan AMD merupakan merk paling banyak digunakan oleh pengguna komputer. Keduanya memiliki beberapa fitur yang berbeda. Intel menggunakan fitur yang desain untuk mengahsilkan skala kecepatan clock supertinggi. Sedangkan AMD menggunakan fitur yang menghasilkan efisiensi yang baik tetapi tidak menghasilkan kecepatan tinggi seperti pada Intel.
Tipe Prosesor
Tipe prosesor berdasarkan konfigurasi onnya terbagi menjadi dua, yaitu tipe slot dan soket.
·         Tipe slot biasanya digunakan pada pentium II dan III yang mempunyai motherboard tipe slot.




·         Soket 478 digunakan pada prosesor pentium 4



·         Soket LGA7 75. Intel telah mengeluarkan berbagai pilihan kecepatan untuk Pentium 4 yang menggunakan soket LGA775. Pada soket LGA ini, sebagian ‘pin’ prosesor terdapat pada motherboard. Prosesor Intel keluaran terbaru, seperti Dual-Core, dan Quad-Core. Telah dirancang dengan tipe soket LGA 775.



·         Slot AMD. Prosesor AMD mempunyai beragai tipe soket, misalnya soket A, soket 7, soket 462, soket 939DIY Guide, soket 754, soket 370, dll.
Saat ini, AMD telah mengeluarkan model baru dengan soket 939, yaitu prosesor inti tunggal Athlon 64 3500+ dan 3800+ serta proses inti ganda (dual-core) Athlon 64 X2 6000+. sebenarnya, Athlon 64 3500 dan 3800 bukan prosesor model baru. Hanya saja, model tersebut dibuat dengan teknologi prosesor berskala 65 nanometer. Sementara itu, Athlon 64 X 6000+ tetap dibuat dengan teknologi prosesor 90 nanometer. Athlon 64 3500+ dan 3800+ menggunakan daya 45 wat, sementara Athlon 64 X2 6000+ yang berkecepatan 3 gigahertz mengkonsumsi daya 125 watt.
Sekian dulu nanti lanjut di artikel selanjutnya yaitu Memori / RAM.
fhasixteen©2011

0 komentar:

Posting Komentar

Next Prev
▲Top▲