Membuat Web site: Menggunakan File Manager untuk Upload File

|
Membuat web site sendiri memang memiliki kelebihan sendiri. Setelah mempelajari cara membuat web site, dan membuat file proyek kamu sendiri, tiba saatnya untuk mengupload file tersebut ke web site kamu.

Nah, setelah kita mengetahu fungsi dan cara mengakses Cpanel, kini saatnya tiba buat kamu untuk mempelajari cara mengupload file PHP hasil karya anda ke website yang sesungguhnya.
Pada dasarnya kita bisa melakukan upload ke web site dengan menggunakan 2 cara:
Menggunakan FTP Client
Menggunakan File Manager
Yang akan kita bahas di sini adalah menggunakan File Manager Cpanel. Penggunaan file manager ini merupakan cara yang praktis untuk mengupload file dalam jumlah yang tidak terlalu banyak. Jika kamu perlu mengupload file dalam jumlah besar, maka kamu kudu pake FTP Client. Saya seneng pake Leech FTP (Search aja di google ya).
Cara penggunaan File Manager ini sangat mudah. Silahkan akses Cpanel kamu dan klik 2 kali pada File Manager (saya menggunakan Legacy File Manager).
Pilih web root dan klik ok.

Biasanya kita akan di bawa pada root direktori account kita. Nama direktori tersebut adalah public_html. Di dalam direktori inilah kita bisa meletakkan file-file PHP atau web apapun bikinan kita. Jika nama file kita adalah coba.php, maka setelah kita upload ke direktori public_html ini, kita bisa memanggilnya dengan http://namadomain.com/coba.php .
Di direktori ini kita akan melihat menu upload file di bagian atas. Klik aja tuh link upload file. Setelah itu kita akan disajikan dengan beberapa field upload file. Silahkan klik browse dan cari file yang ingin kamu upload. Setelah itu klik open. Kemudian klik upload. Kamu bisa juga mencentang overwrite jika ingin menimpa file eksisting.
Kamu bisa melakukan upload beberapa file secara sekaligun di form ini.
Ok, kamu sekarang udah bisa melakukan upload file karya kamu dan file tersebut sudah siap untuk dilihat oleh seluruh dunia melalui domain kamu.
Selamat ya.
Mudah-mudahan bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar

Next Prev
▲Top▲