Cara Mengganti Font Dalam Postingan

|
Cara Mengganti Font Dalam Postingan baik untuk wordpress maupun blogspot bisa anda lakukan dengan sedikit memberi sentuhan CSS/HTML di antara font yang ingin ditampilkan. Cara yang lebih praktis sebenarnya bisa dilakukan dengan copy paste dari MS Word namun dalam kasus tertentu cara ini kadang-kadang tidak berfungsi, apalagi jika diterapkan di blogspot, pasti akan muncul  warning “HTML Anda tidak bisa diterima: Tag is not allowed: META”.
Pada dasarnya semua font-font standard yang terinstall di komputer bisa ditampilkan di dalam postingan.  Namun untuk font tidak standard atau font tambahan baru bisa ditampilkan sesuai dengan font aslinya apabila di komputer pengguna/pengunjung juga terinstall font yang sama dengan settingan di dalam postingan. Cara lainnya yaitu dengan menggunakan sebuah plugin atau dengan cara menginstall font tertentu ke folder theme wordpress dan sedikit modifikasi file CSS. Khusus untuk wordpress dengan hosting sendiri jika ingin menampilkan font dengan karakter tertentu, seperti tulisan Arab, China, Jepang, Thailand dan lain-lain, harus mengganti database collation field default terutama pada tabel wp_post dari latin1_general_ci atau latin1_swedish_ci menjadi utf8_general_ci. 
Cara Mengganti Font Dalam Postingan :

Di pos editor Anda harus dalam mode HTML kemudian masukkan kode seperti contoh berikut ini :
<span style="font-family: Times New Roman">Tulisan Anda Di Sini</span>
Hasilnya akan seperti ini :
Tulisan Anda Di Sini
Jika ingin mengganti ukuran font tersebut kodenya jadi seperti ini :
<span style="font-family: Times New Roman; font-size: 200%">Tulisan Anda Di Sini</span>
Hasilnya akan seperti ini :
Tulisan Anda Di Sini
Anda bisa mengganti ukuran font dengan 125%, 150%, 200% atau sesuai selera. Untuk jenis font yang lain anda bisa menggantinya dari Times New Roman ke font pilihan anda misalnya Arial, Verdana dan lain-lain, atau dengan cara copy paste jenis font dari kotak pilihan font yang biasa anda gunakan jika anda sedang mengetik dokument di MS Word atau pengolah kata yang lain. Sedangkan untuk warna font, tebal font, italic, underline, perataan paragraf dan lain-lain silahkan pindah ke mode visual dan bisa disetting atau dilakukan seperti cara biasa.
Contoh font yang lain :
Font Script MT Bold : Cara Mengganti Font Dalam Postingan.
Font Comic Sans MS : Cara Mengganti Font Dalam Postingan.
Font Algerian : Cara Mengganti Font Dalam Postingan.
Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Poskan Komentar

Next Prev
▲Top▲