Tutorial MySQL-2 : Cara Penulisan Query

|
Tutorial MySQL.phpDalam tutorial sebelumnya, kamu sudah belajar tentang query, nah dalam tutorial ini kamu akan mempelajari bagaimana cara menuliskan sintaks Query dengan baik dan benar.
Sintaks atau cara penulisan query bersifat longgar, artinya kamu bebas mengetikkan enter di manapun tanpa mengganggu kode yang ditulis. Beberapa perintah memerlukan tanda kurung kurawal ({}), seperti perintah insert di bawah ini. Penulisan tanda kurung ini akan kita bahas juga dalam pembahasan fungsi. Pastikan saja untuk mengakhiri setiap perintah yang kamu buat dengan tanda titik koma (;).
Untuk memberikan gambaran buat kamu saya akan tuliskan beberapa contoh query dan perhatikan kesederhanaannya ya, biar semangat !!

Kode SQL:

SELECT * FROM nama_tabel;

Kode di atas memilih semua baris dan kolom dari tabel nama_tabel dan menampilkannya pada kita. Berikut ini beberapa query lagi yang akan sangat sering kamu pakai seiring dengan berjalannya tutorial kita.

Kode SQL:
INSERT INTO nama_tabel (kolom_satu, kolom_dua)
  VALUES(nilai_satu, nilai_dua);
UPDATE nama_tabel SET kolom_satu = nilai_satu, kolom_dua = nilai_dua;

Kurang ajar nih Prothelord, ngapain ngasih tahu kode-kode ndak genah seperti itu. jangan khawatir, nanti akan kita bahas bersama di tutorial-tutorial berikutnya. Untuk saat ini kamu hanya perlu tahu bahwa perintah insert digunakan untuk menyisipkan sebuah baris baru, sedangkan update untuk mengedit sebuah baris dalam tabel SQL.
Ingat kembali bahwa Query adalah bagaimana kamu berkomunikasi dengan program database kamu. Hampir semua yang akan kamu tulis diprompt perintah SQL adalah query, jadi biasakanlah diri anda dengan query.

Setelah memahami cara menulis sintaks query sql dengan benar, maka langkah pertama yang harus dilakukan adalah menyiapkan database dan tabelnya. Kita akan mulai dengan melihat query membuat database MySQL dulu.

0 komentar:

Posting Komentar

Next Prev
▲Top▲