Profesi Teknisi Komputer

|
DSC00053

sahbat blogger fhasixteen kali ini mau membahas tutorial  untuk menjadi teknisi komputer profesional.. Komputer pada era sekarang telah dimanfaatkan oleh banyak orang. Tidak hanya perusahaan-perusahaan besar yang telah memanfaatkan komputer, perusahaan kecil pun telah mulai menerapkan komputerisasi untuk membantu produksi. Bahkan, telah banyak masyarakat dari beragam profesi yang memiliki komputer pribadi di rumah. Hal ini tentunya sangat positif dalam perannya memajukan ekonomi yang lebih luas. Akan tetapi, tidak banyak orang yang dapat melakukan perbaikan komputer maupun merawatnya. Jika terjadi kerusakan pada komputer, kebanyakan orang akan meminta bantuan teknisi komputer untuk memperbaikinya, meskipun seringkali kerusakan tersebut sangat sederhana.
PROSPEK DALAM DUNIA KERJA
Perkembangan dunia komputer yang semakin pesat, baik hardware maupun software, membutuhkan tenaga-tenaga terampil dalam menangani segala permasalahan yang berkaitan dengan komputer dan software. Jika sebuah perusahaan telah memanfaatkan banyak komputer, peran seorang teknisi tentunya sangat dibutuhkan untuk melakukan perbaikan dan perwatan komputer-komputer tersebut. Tidak hanya perusahaan, akan tetapi semua orang atau instansi yang menggunakan komputer membutuhkan peran seorang teknisi. Berbekal dasar-dasar pengoperasian dan penanganan kerusakan pada komputer, baik hardware maupun software, anda dapat mengemabangkan kemampuan untuk menjadi seorang teknisi komputer yang handal; mengingat prospek dalam dunia kerja sangatlah bagus.
DASAR MENJADI TEKNISI KOMPUTER
Untuk menjadi seorang teknisi komputer, ada beberapa dasar yang harus anda miliki. Berikut penjelasannya.
  • Anda harus mengetahui dan menguasai berbagai macam dan tipe perangkat komputer yang ada didalamnya.
  • Anda harus mengetahui berbagai permasalahan kerusakan pada komputer (troubleshooting) dan menaganinya.
  • Mempunyai kemampuan umtuk mengembangkan pengetahuan dan pengalaman sebgai panduan saat melakukan troubleshooting.
  • Memiliki kemampuan yang cukup dalam berbahasa inggris agar lebih mudah mempelajari manual perangkat hardware maupun software Komputer.
SYARAT YANG HARUS DIKUASAI
Selain anda harus menguasai berbagai macam teknik troubleshooting dan penanganannya, anda juga harus mempunyai sikap yang baik sebgai seorang teknisi.
  • Belajar dari Penglaman dan Pelatihan. Anda harus selalu mengupdate pengetahuan dalam berbagai permasalahan dan penanganan berdasarkan pengalaman yang pernah anda temui karena teknologi tidak pernah berhenti dan terus berkembang.
  • Meningkatkan Kemampuan,  Yakni kemampuan dalam menggunakan pengetahuan pada situasi hal baru.
  • Disiplin. Segala sesuatu yang dikerjakan oleh seorang teknisi komputer harus tertata dengan baik, menghormati semua customer, dan yang paling penting adalah meyakinkan persepsi customer terhadap masalah sebenarnya.
  • Kemampuan Berkomunikasi.  Hal ini juga sangat perlu pada saat anda mengidentifikasi masalah yang ada berdasarkan informasi dari Customer.
  • Mempunyai Kemampuan Berfikir Logis dan Kreatif.  Hal ini penting agar dapat memberikan penjelasan yang baik dan benar kepada customer sehingga mudah dipahami.
  • Sikap Rendah Hati.  Hal ini penting karena sebagai teknisi komputer anda adalah pelayan bagi Customer.
  • Cara Kerja yang Terperinci, yaitu dengan memperhatikan dan mengetahui seluruh sistem dan cara kerja komputer sehingga pada saat anda melakukan troubleshooting, anda mengikuti prosedur dengan benar dan mendapatkan hasil yang cepat dengan analisis yang tepat.
  • Komitmen dalam Menyelasaikan Masalah. Ini merupakan tanggung jawab anda sepenuhnya sebagai seorang teknisi komputer.
  • Dapat Menentukan Prioritas. Anda juga harus dapat mennetukan prioritas pekerjaan yang harus segera anda tangani.
  • Berbagai Pengetahuan dengan Anggota tim (jika anda bekerja dalam tim) dan dengan customer.
  • Minat akan Teknologi, selalu mengupdate pengetahuan mengenai komputer.
Sekian dulu nanti di Artikel selnjutnya saya akan membahas tentang Memahami Perangkat Komputer

0 komentar:

Posting Komentar

Next Prev
▲Top▲