Tips Memilih Kartu Prabayar

|
Belakangan operator telekomunikasi kian gencar mengiklankan produk andalannya, terutama untuk kartu prabayar. Mereka berlomba-lomba menarik perhatian konsumen dengan menawarkan berbagai macam fitur, mulai dari harga murah, tarif hemat hingga penyediaan fasilitas hiburan.

Bingung membeli kartu yang mana? Bagaimana memilih kartu prabayar dengan bijak? Simak beberapa tips berikut ini.


1. Perhatikan benar-benar tentang tarif murah yang ditawarkan operator. Yang harus disikapi dengan serius adalah soal penawaran tarif murah yang diberikan oleh operator. Saat ini begitu banyak operator yang menawarkan harga lebih rendah, tarif menelepon yang lebih murah dan diskon panggilan pada jam-jam tertentu.

Boleh jadi ada beberapa informasi penting yang tidak ditampilkan dalam situs mereka. Mungkin mereka memang memberikan tarif murah, tapi tarif murah itu ternyata hanya berlaku untuk panggilan dalam kota saja. Sementara untuk panggilan luar kota, bisa jadi tarifnya lebih mahal. Cek benar-benar apakah tarif panggilan yang ditawarkan sesuai, jika melakukan panggilan ke sesama operator atau operator lain baik dalam kota dan luar kota.

2. Perhatikan apakah operator tersebut memberikan pelayanan memuaskan pada konsumennya. Perusahaan yang memiliki pelayanan yang memuaskan untuk konsumen berarti memiliki komitmen pada pelanggannya. Kemudahan pelayanan perlu diperhatikan jika sewaktu-waktu Anda memiliki masalah dengan kartu Anda.

3. Jangan lupa untuk mengkalkulasikan harga kartu dan tarif yang ditawarkan dengan kemampuan kantong Anda.

4. Operator kartu prabayar biasanya menerapkan batas waktu penggunaan kartu. Kartu semacam ini jelas tidak bisa disimpan dalam jangka panjang. Oleh karena itu, teliti dulu sebelum membeli kartu dan periksa selalu tanggal kadaluwarsanya.

5. Jika Anda menginginkan keamanan dalam penggunaan nomor, disarankan agar mengaktifkan nomor PIN (Personal Identification Numbers) dan PUK (Personal Unblocking Key) yang ditujukan untuk melindungi kartu SIM (simcard).

Kode PIN adalan kode yang paling umum digunakan. Kode PIN ini bisa Anda atur sendiri, bisa juga diaktifkan atau dinonaktifkan. Jika Anda beberapa kali salah memasukkan kode PIN, biasanya ponsel akan meminta kode PUK. Kode PUK adalah kode yang terdiri dari 8-digit yang disediakan oleh operator atau penyedia layanan ponsel Anda.

Selain mengamankan kepemilikan kartu, PIN akan sangat berguna jika Anda melakukan panggilan ke luar negeri. Pasalnya nomor PIN akan mengamankan Anda dari orang asing yang hendak mencuri pulsa Anda.

6. Hindari memakai kartu prabayar sekali pakai.
Percayalah, perilaku gonta-ganti kartu prabayar hanya akan membuang-buang waktu saja. Anda harus terus-menerus membeli kartu baru jika pulsa habis.


Sumber: Detik Portal

0 komentar:

Posting Komentar

Next Prev
▲Top▲