Seagate Setuju Beli Harddisk Samsung

|
Seagate Technology Plc akhirnya setuju membeli bisnis hardisk drive Samsung Electronics senilai USD 1,38 miliar dalam bentuk tunai dan saham. Kedua perusahaan juga mengumumkan akan saling berkolaborasi.

Deal dengan Samsung bakal memperkuat posisi Seagate dalam persaingan melawan pemimpin pasar hardisk saat ini, Western Digital. Dan Samsung pun juga diuntungkan dengan kesepakatan tersebut.

"Bisnis hardisk Samsung tidak begitu menghasilkan uang sehingga dengan deal ini, mereka bisa menjadi lebih kompetitif," ucap Han Seung Hoong, analis di Korea Investment & Securities.


Sebagai bagian dari kesepakatan, Samsung akan menjadi pemegang saham terbesar kedua di Seagate. Proses deal antara Samsung dan Seagate ini diperkirakan rampung pada akhir tahun 2011.

Samsung bakal mensuplai Seagate dengan NAND flash memory yang dipakai di perangkat storage buatan Seagate. Sedangkan Seagate menyumbangkan hardisk ke Samsung untuk produk PC dan notebook.

Samsung mulai membuat hardisk sejak tahun 1989 sebagai bagian dari unit bisnis semikonduktor. Setelah menjual unit hardisk ke Seagate, Samsung memilih untuk berfokus pada bisnis chip. (Detik/Bloomberg)

0 komentar:

Poskan Komentar

Next Prev
▲Top▲