Download pytograf untuk rename font windows

|

  • Manajemen file font pada Windows
Fitur Software
View and preview fonts
Display all OpenType, TrueType and Type 1 fonts on hard drives, DVD, CD, opticals, floppies or specific folders, including all subfolders. Sort viewed fonts by name, file, family, copyright, width, date, size.
Typograf displays following font types:
OpenType and TrueType fonts (preview, installed, loaded by Typograf)
PostScript Type 1 fonts (preview, installed, loaded by Typograf)
Printer fonts
Raster or bitmap fonts (system fonts)
Display all font properties
font information: full name, family name, creator, version, copyright, trademark, ...
file data: size, date, file location path
typeface classification by PANOSE system, IBM Font Classes or the Windows internal metric structure
character set
keyboard layout
zoom view for details
edit font information
Compare fonts
find related fonts based on typeface classifications
compare various fonts using tables that show major font features, file data, character width, number of kerning pairs, ...
find duplicate fonts on disks, DVD, CD, ...
Print fonts
print 1, 6, 20, 40 or 80 fonts on an A4 page
two kinds of sample page for a font, including character set
print character set, keyboard layout
Font file management functions
copy, move, delete font files
load or unload fonts
install or uninstall fonts
Manage fonts in database and font groups
Keep your TrueType and PostScript fonts in order using a font database and font groups.
Catalog all your fonts with the database. That way you'll always know which DVD, CD-ROM or folder your fonts are on.
Organize your fonts into font groups to load them as needed.


Note
18 Desember 10
Mengatur file pada Windows font
Memberikan nama family dan property font
Banyak Font pada sistem Windows memberikan kemudahan bagi beberapa profesi. Seperti artistek, disainer, video editing atau disain grafis
Banyaknya koleksi huruf atau font didalam computer dapat menambah variasi dalam menciptakan gambar text. Baik untuk versi cetak atau bentuk digital seperti file digital printing dan video editing. Contoh disainer membutuhkan beberapa disain Font dari Windows. Lalu menyimpan seluruh file kedalam harddisk, agar mudah melakukan pilihan bentuk huruf yang dibutuhkan.
Ketika memilih font yang ada pada daftar, disini mulai terjadi kesulitan dalam melihat jenis font. Bila jumlah huruf dari koleksi file TTF berjumlah puluhan saja. Mungkin masih dapat menghafal tipe, bentuk pada huruf yang akan di pilih
Bagaimana bila jumlah huruf yang ada sudah ratusan. Apakah akan membuang waktu hanya untuk mencari jenis font yang diinginekan. Atau perlunya membuat tabel dengan gambar sehingga lebih mudah melihat bentuk huruf yang dibutuhkan.
Ada baiknya membuat huruf yang ada pada Windows diklasifikasi dalam beberapa kelompok. Misalnya huruf jenis Grafiti akan terlihat di Windows dengan kelompok depan G, Handwriter diberikan kelompok H, dan text publikasi diberukan sebagai T dan sebagainya.
Software Typograf dapat membantu bagi mereka yang suka mengkoleksi font Windows. Salah satu kemampuan penting dari software Typograf adalah memberikan fitur edit untuk nama Font Family dan Full Name.
Mengapa perlu mengedit dari nama Full Name

Nama font sudah disimpan didalam file TTF dan tidak bisa dirubah dengan memberikan nama baru pada file saja.
Misalnya file Arial.TTF lalu ingin dirubah (di rename) menjadi nama xArial.ttf atau DisainArial.TTF. Tetapi nama file akan tampil di Windows tetap sama sebagai Arial dan bukan menjadi DisainArial atau xArial
Nama huruf file TTF seperti Arial.ttf adalah nama file. Sedangkan tipe dari huruf berada didalam file itu sendir, dan disebut sebagai Full Name Font.
Software Typograf ini yang dapat merubah nama file pada daftar Windows menjadi nama lain pada tampilan daftar huruf Windows
Sebagai contoh, anda memiliki 100 font dengan berbagai model. Lalu menginginkan 10 font TTF yang bagus, dan ingin mengelompokan menjadi satu barisan berdekatan. Tujuannya untuk mempercepat pemilihan dalam mencari jenis font dalam kelompok yang dituju.
Contoh pada gambar dibawah ini, ketika memilih beberapa font yang anda sukai. Lalu memberikan nama belakang " X ". Semua font yang anda ingin group dan dikumpulkan pada daftar dengan nama depan "Xnamafont". Sehingga huruf yang anda group nantinya mengumpul dengan daftar terakhir dengan nama didepannya X (sebagai contoh saja). Nama X bisa diganti dengan apa saja, misalnya DisainArial, GrafikArial, LogoArial dan lainnya.
Cukup melihat bentuk font dari software Typograf, lalu click kanan dan pilih Properties
Pada pilihan seperti gambar dibawah ini dengan tanda TEXT Kuning. Rubah nama depan Full Name dengan tambahan huruf X . Contoh gambar dibawah dengan merubah nama Full name font dari Bar Dot Regular menjadi xBar dot Regular. Nantinya nama file tersebut akan tampil sebagai xBar Dot Regular ketika terlihat pada daftar font Windows
Selesai merubah nama lalu simpan kembali file yang sudah dirubah.

Seperti apa perubahan nama font dengan software Typograf

Contoh pada aplikasi CorelDraw, nama file yang sudah dirubah dan dikelompokan dengan nama belakang " x " akan tampil menjadi satu group. Misalnya xAcidid atau xBrave New akan lebih mudah dicari dalam daftar nama huruf belakang x.

Contoh lain dengan aplikasi Photoshop. Akan terlihat nama nama file yang sudah dirubah menjadi berdekatan dengan satu group belakang X.

Result

Software Typograf memudahkan bagi mereka yang perlu merubah nama huruf pada font Windows. Software ini dapat membantu para profesional yang memerlukan banyak font pada pekerjaannya. Dengan mengelompokan jumlah font sesuai kebutuhan, seperti nama belakang tertentu. Akan mempercepat seseorang memilih jenis huruf yang diinginkan. Sehingga penguna computer tidak harus melihat satu persatu model huruf yang akan dipilih.

0 komentar:

Poskan Komentar

Next Prev
▲Top▲