Dasar-dasar PHP 12: Penutup

|
Sampailah kita di bagian penutup dari tutorial singkat kita tentang PHP. Sebelum mengakhiri, berikut sedikit materi yang mungkin akan bermanfaat dalam kehidupan anda mengarungi dunia PHP selanjutnya.

Jika anda masih belum sepenuhnya memahami tentang fungsi, tidak perlu khawatir. Dengan dasar yang sudah kamu miliki sekarang, sudah cukup untuk mulai bisa memahami kode-kode PHP. Setelah kamu mulai membaca kode-kode yang dibuat oleh orang lain,  anda akan makin terbiasa dengan fungsi dan hal-hal lain tentang PHP.

 


Sebuah tips, jika kamu sedang memikirkan sebuah fungsi yang anda ingin buat, cobalah untuk terlebih dahulu mencari di internet, biasanya sudah ada orang yang membuat fungsi itu dan bersedia dengan sukarela membaginya dengan anda. Karena PHP adalah bahasa open-source (artinya bahwa source code-nya dibagi secara terbuka dan bukannya dikangkangi oleh sebuah perusahaan saja), maka bahasa ini didukung oleh semangat kerjasama, dan banyak yang akan dengan senang hati membantu kamu. (contohnya tutorial ini, 100% ndak bayar kan?). Kamu bisa baca tips lain yang saya tulis tentang penggunaan PHP script untuk mempercepat programming PHP dan meningkatkan pemahaman kamu tentang PHP. 

Dengan pengetahuan kamu tentang PHP saat ini, kamu sudah bisa pergi kemanapun untuk mendalami urusan PHP ini. Untuk lebih memudahkan kamu, berikut adalah tempat-tempat yang mungkin bermanfaat (tentu saja masih banyak situs-situs lain yang bertebaran di Internet):

PHP.net
Sumber dari segala sumber hukum PHP.

Manual: Berisi dokumen manual umum tentang PHP.

FAQ: Berisi informasi tetnang FAQ PHP.

Webmonkey's PHP collection tempat yang jadi referensi saya belajar PHP. Masih banyak tutorial lain yang dapat anda manfaatkan di sana.

Kayaknya sudah cukup apa yang dapat saya sampaikan, semoga tutorial ini dapat membawa manfaat bagi kamu semua. Silahkan kirim e-mail jika ada yang perlu anda diskusikan, saya akan dengan senang hati berusaha membantu sebisanya.

0 komentar:

Posting Komentar

Next Prev
▲Top▲