Membuat dan Menghapus Password Bios

|
Fungsi-fungsi dasar sebuah PC terletak di dalam BIOS. Pengaturan penggunaan hardware juga terletak disini. Jika Anda takut ada pihak lain yang ingin mengubah pengaturan di BIOS. Anda bisa melindunginya dengan membuat password. Untuk membuat password BIOS, pada mengaktifkan komputer tekan “Del” atau “F2” tergantung merk motherboard dan versi BIOS yang Anda gunakan. Setelah itu akan muncul menu utama dari BIOS, dengan bantuan tombol arah (tanda panah) pada keyboard arahkan ke menu “Supervisor Password”. Ketikkan password yang Anda inginkan. Password ini harus Anda ingat selalu untuk masuk lagi ke settingan BIOS Anda.
Bagaimana jika Anda lupa? Jangan kawatir, berikut langkah-langkah menghapus password BIOS dengan 2 cara:


Cara Pertama
1. Buka buku panduan mainboard Anda, carilah istilah “CMOS Clear Switch”. Di halaman tersebut Anda bisa melihat sebuah jumper dengan nama yang sama dan perhatikan gambarnya.
2. Jika PC Anda tidak memiliki “CMOS Clear Switch”, Anda bisa langsung ke cara kedua. Namun jika ada matikan PC, cabut kabel power dan buka kasing PC Anda. Ubah posisi stekernya, posisi yang benar sesuai dengan gambar di buku panduan mainboard Anda.
3. Tunggu beberapa detik, lalu kembalikan jumper ke posisi semula. Lalu nyalakan kembali PC Anda, jangan lupa untuk pasang kabel power dan tutup casingnya.
4. Sekarang Anda bisa masuk ke settingan BIOS tanpa password dan semua settingan kembali ke settingan awal.

Cara Kedua
1. Carilah baterai mainboard Anda.
2. Angkat baterai tersebut dengan bantuan obeng kecil.
3. Setelah baterai Anda angkat, tunggu beberapa detik (kurang lebih 30 detik) sampai memorinya benar-benar terhapus.
4. Pasang kembali baterainya, tutup casing dan nyalakan dech. Lihat hasilnya…
NB : Jangan mengutak-atik hardware atau mainboard dalam keadaan listrik mengalir, karena dapat merusak mainboard atau hardware Anda.

0 komentar:

Posting Komentar

Next Prev
▲Top▲