Change Form On Avril Lavigne

|
photoshop,tutorial photoshop,photoshop tutorial,photoshop tutorials,free download photoshop,efek photoshop,photoshop effect,edit foto,belajar photoshop,dasar photoshop,tool photoshop,photoshop pemula,efek foto,foto vektor,manipulasi photoshop,photoshop elemen,teks efek,photoshop cs3,cs4,cs5,photoshop manipulation,filter photoshop,photoshop training,download brush plugin,photography,fotografi,desain grafis,graphic designSaya rasa Tutorial Photoshop yang saya buat kali ini lebih cocok buat para pemula yang baru belajar manipulasi foto dengan Adobe Photoshop. Teknik yang saya pakai juga tidak begitu banyak. Saya pikir kalian akan mampu melakukannya tidak lebih dari waktu 15 menit. Dominannya, hanya teknik blending dan masking yang akan saya lakukan untuk menyelesaikan kasus ini. Sedikit menjelaskan bahwa dalam photoshop untuk saat ini tersedia 22 macam blending mode, yang masing-masing dari itu memiliki efek khusus dan fungsi yang berbeda-beda.

Tidak ada patokan blending mode mana yang terbaik, namun anda sendirilah yang harus mampu menyesuaikan blending mode yang anda pilih dengan foto yang anda gunakan agar hasilnya lebih sesuai. Oke, untuk memulainya saya akan menggunakan 2 buah foto. Tidak ada alasan khusus, namun untuk kali ini saya memilih foto idola saya yaitu Avril lavigne dan foto harimau. Semoga aja Arvil tidak marah ya... Ini dia fotonya..
Tutorial Photoshop
Tutorial Photoshop
Namun, anda juga dapat menggunakan foto lain yang lebih anda sukai. Anda boleh mencarinya lewat google.com atau situs-situs penyedia foto gratis. Mari kita mulai saja cara membuatnya. Cekidot...
1. Buka foto Avril Lavigne dan foto harimau ke dalam Photoshop anda dengan menggunakan perintah Menu File>Open.
2. Drag and Drop, artinya anda tarik foto Harimau dengan menggunakan Move Tool (V) dan kemudian anda letakan di atas foto Avril Lavigne. Sehingga pada Layer, layer Avril Lavigne tepat berada di atas layer Harimau.

3. Mungkin foto harimau belum sesuai mengikuti bentuk dari wajah Avril Lavigne, Nah untuk menyesuaikannya, pertama anda kurangi dulu opacity dari layer harimau, ya kira-kira 50% agar mempermudah saja dalam menyesuaikan posisinya. Kemudian anda tekan Ctrl + T secara bersamaan, namun harus diingat, bahwa layer yang terpilih saat ini adalah layer harimau. Atur saja hingga menurut anda posisinya telah sesuai. Sampai kurang lebih posisinya menjadi seperti ini. Bila masih belum sesuai, ulangi lagi pengaturan tersebut.
Tutorial Photoshop
4. Bila posisinya menurut anda telah sesuai, tekan Enter pada keyboard dan kembalikan nilai opacitynya menjadi 100%. Kemudian ubah dan pilih Blending Modenya dari Normal menjadi Multiply. Karena Blending Mode Multiply yang saya rasa paling sesuai dengan keadaan foto ini. Dan hasilnya menjadi tampak seperti berikut.


5. Selanjutnya saya akan melakukan masking pada foto harimau untuk menghapus bagian dari wajah Avril Lavigne yang tertutup oleh muka harimau. Caranya adalah sebagai berikut, pertama anda perhatikan dulu warna pada Set Foreground Color. Saya harus menggunakan warna hitam (#000000) pada Set Foreground Color untuk menghapus sebagian dari muka harimau yang menutupi wajah Avril Lavigne. Setelah anda memastikan bahwa Set Foreground Color berwarna hitam (#000000), sekarang anda klik Brush Tool (B) pada pilihan Toolbox. Dan gunakanlah Brush Tool (B) dengan hardness=0 atau brush yang bersisi lembut. Kemudian anda klik tombol Add Vector Mask, tombol ini terletak di bagian paling bawah dari kotak layer. Maka akan tercipta layer baru berwarna putih tepat disisi sebelah kanan layer harimau. Coba sekarang anda sapukan Brush Tool (B) tersebut ke bagian rambut dari Avril Lavigne. Hapus juga bagian mata dan bagian bibir Avril Lavigne. Anda dapat menyesuaikan ukuran diameter Brush dengan menekan tombol “[“ atau “]” pada keyboard. Anda juga dapat mengatur nilai opacity dan flow dari Brush tersebut. Dan bila anda melakukan kesalahan dalam menghapusnya, anda tidak usah khawatir hanya dengan merubah warna Set Foreground Color menjadi warna putih (#000000), dan anda tinggal menyapukan brush ke bagian yang salah tadi, maka bagian foto yang terhapus akan dapat di kembalikan seperti keadaan semula.
Tutorial Photoshop
6. Setelah teknik masking telah anda lakukan dengan teliti maka kita telah menyelesaikan sebuah manipulasi photoshop dengan perpaduan teknik blending dan masking. Dan hasil akhirnya adalah seperti ini. Sangat mudah bukan?...selamat mencoba..

0 komentar:

Posting Komentar

Next Prev
▲Top▲