Google URL Shortener - Memperpendek URL Yang Panjang

|
Bila anda mempunyai artikel menarik di suatu website dan ingin membagikannya kepada teman anda, tentunya anda akan memberikan alamat url link website dari artikel tersebut. Misal link artikel tersebut seperti ini

http://fhasixteen-tutorial.blogspot.com/
Dengan link url yang cukup panjang seperti itu, tentunya terlalu banyak karakter yang digunakan. Maka diperlukan suatu web aplikasi yang berfungsi untuk memperpendek alamat URL yang panjang.

Saat ini memang sudah banyak layanan website untuk memperpendek url yang panjang. Kita bisa lihat pada Twitter, bila seseorang memposting lengkap dengan link ke suatu website, kita akan melihat alamat url yang singkat seperti http://bil.ly, http://de.tk. Nah, melihat makin banyaknya layanan mempersingkat alamat url, maka raksasa Google pun tidak ingin ketinggalan.

Google saat ini telah memperkenalkan layanan baru mereka yang diberi nama Google Url Shortener yang beralamat http://goo.gl. Untuk menggunakan layanan ini silahkan ikuti langkah berikut:

1] Kunjungi website http://goo.gl dan isikan alamat url yang ingin anda pendekkan pada kolom box. Kemudian klik tombol "Shorten".

2] Pada samping kanan kolom box anda akan melihat hasil dari alamat url yang telah di pendekkan. Anda bisa copy paste dan bagikan kepada teman anda link yang telah pendek dan singkat tadi sesuai keinginan anda.

Cukup mudah bukan? Dengan memperpendek url, maka akan memudahkan kita untuk mengcopy dan membagikannya kepada teman kita baik itu melalui email atau blog post. Jadi tidak perlu lagi mengcopy alamat url yang cukup panjang karakter nya. Dengan menggunakan url yang pendek pada blog anda akan menghemat space pada blog kita dan loading halaman juga menjadi lebih cepat.

Yang menarik dari layanan ini adalah, bahwa url shortener ini berasal dari layanan Google. Seperti saya sebutkan diatas, ada banyak layanan untuk memperpendek url, akan tetapi apabila layanan tersebut sedang "down", tentunya alamat url yang telah kita tempatkan pada layanan tersebut akan hilang a.k.a broken links.


0 komentar:

Poskan Komentar

Next Prev
▲Top▲