CSS Menu Generator

|

Seperti yang kita ketahui Css Menu Generator adalah software pembuat menu, seperti biasa produk ini juga ada yang berbayar dan yang gratis, yang berbayar adalah yang isi tulisan Plus'nya, terdapat dua jenis menu yang sobat bisa buat disini, yaitu Css Drop Down Menu dan Css Vertical Drop Down Menu.Cara membuatnya sama hanya  penempatannya yang berbeda.

Css Drop Down Menu adalah menu yang berbentuk Horisontal yang memanjang  kesamping. dan Css Vertical Drop Down Menu  adalah menu yang main menunya berjejer kebawah.

Tetapi yang paling sering di gunakan adalah sebut saja Css Horizontal Drop down menu hahhahah, saya jelaskan sedikit bagai mana cara menggunakan software ini, sisanya sobat coba-coba sendiri heheheh, bukannya pelit atau tidak mau beri tahu, tetapi menu-menu yang di berikan di sana sudah umum dan sangat mudah di mengerti.

1. Select Templete.
Pilih salah satu template yang ingin sobat buat, misalnya sobat ingin membuat Css Dropdown Menus maka klik tombol tersebut, kemudian cari Customize di bagian paling kanan.



2. Cutomize
Adalah tempat sobat mengedit warna dan background sobat, terdapat juga untuk memilih font, dan large preview.
a.) Color & View digunakan untuk mengdit warna-wana menu sobat, seperti backgroud, link atau tulisan, tetapi yang perlu saya ingatkan,Page ( Body) background adalah warna untuk previw background pada saat pengeditan saja, ingat ini hanya untuk preview saja.

b.) Pada pilihan Fonts sobat bisa mengatur jenis huruf yang akan sobat gunakan dan ukurannya, silahkan di coba-coba saja. hehehe!


c.) Menu, nah disini bagian yang paling penting, disini sobat mengatur, menghapus, dan menambahkan menu, sub menu, dan link milik sobat.


untuk menambahkan main menu sobat klik tulisan main menu kemudian klik add dan akan muncul menu editor seperti ini

Di kolom paling atas adalah tempat nama link sobat atau judul menu sobat. Secara default kolom untuk link berisi tanda # itu sobat ganti saja dengan link milik sobat.

Untuk menambahkan sub menunya sobat klik main menunya dulu, misalkan main menunya tutorial, maka sobat klik tulisan tutorial terlebih dahulu baru kemudian sobat klik tombol add. Jadi setiap sobat ingin menambahkan sub menu, klik dahulu menu utamanya, sobat bisa menciptakan sub-sub menu sepuasnya

Untuk menghapus caranya sama seperti menambahkan menu, klik dahulu yang ingin sobat hapus kemudian klik delete.


d.) Large preview adalah untuk melihat hasil menu yang sobat buat dengan tampilan yang lebih besar, sobat juga bisa menyimpan menu sobat atau melihat langsung dari IE atau Internet Explorer.


3.  Get the Files
disini sobat bisa mengexport hasil jerih payah sobat caranya, pilih folder dimana tempat sobat menyimpan hasil export, kemudian klik Export Files to Selected Folder yang ada di pojok kiri bawah, jika sobat ingin melihat hasilnya langsung sobat klik Open in Explorer. Disini sobat juga bisa melihat CSS dan HTML kodenya.


Kelebihan software ini dalah cara menggunakannya yang simple dan sobat juga bisa membuat menu dan sub menu sebanyak-banyaknya, alias suka-suka hati sobat, tetapi kelemahannya sobat tidak bisa membuat background menu bergambar, jadi sobat harus mengedit CSS menunya lagi. Berminat menggunakannya?

Jika sobat ingin tahu cara memasangnya di Blog sobat  klik disini

0 komentar:

Posting Komentar

Next Prev
▲Top▲