Beberapa Aplikasi Dari Google

|
Tahukah Anda selain sebagai Search Engine yang powerful, Google Inc. juga memiliki aplikasi-aplikasi yang sangat powerful sehingga harus kita coba. Hanya dengan menggunakan sebuah account email dari Google (Gmail), kita bisa menggunakan hampir semua aplikasi-aplikasi dari Google. Beberapa aplikasi Google yang harus kita coba aja adalah :
1. GMAIL
Gmail adalah layanan email gratis yang memiliki beberapa fasilitas yang luar biasa sebagai berikut :
  • Space atau ruang penyimpanan email hingga lebih dari 7 GB (dan terus bertambah)
  • Memiliki fasilitas POP3, sehingga kita bisa mengunakan Gmail dengan software Email Client seperti Ms Outlook, Outlook Express dan Thunderbird. Dengan menggunakan software Email Client ini, maka aktivitas email kita menjadi lebih efektif dan efisien.
GMAIL - Free POP3 Email
2. Google MAPS

Google MAPS atau GMAPS adalah layanan pemetaan gratis.
Google Maps
Beberapa fasilitas andalan yang ada pada Gmaps adalah :
  • Memiliki modus pandangan (view) : Peta, Satellite (hasil foto satelit), dan Terrain (Topografi)
  • Mudah untuk mencari alamat atau tempat
  • Dapat untuk menunjukan jalur dari satu tempat ke tempat lain lengkap dengan petunjuk detail arahnya.
3. BLOGSPOT
Blogspot atau Blogger adalah layanan blog gratis.
Blogger - Free Blog from Google
Fasilitas andalan dari Blogger yang lebih istimewa dibanding dengan layanan blog gratis lainnya adalah :
  • Fleksibiltas dalam pemilihan dan modifikasi template atau theme. Kita bisa menggunakan template yang berasal dari luar Blogger sehingga lebih bervariasi. Selain itu kita juga bisa memodifikasi template dengan cara meng-edit kode dari template, sehingga kita bisa berkreasi seluas-luasnya terhadap blog kita.
  • Karena Blogger ini milik Google maka dari sudut SEO, pengguna Blogger lebih di untungkan karena lebih mudah terindeks oleh Google.
  • Bisa menggunakan domain milik sendiri
4. Google Translate
Google Translate adalah layanan penterjemah online. Tidak hanya menterjemahkan perkata, Goolge Translate juga dapat menterjemahkan per kata, bahkan menterjemahkan file (text atau office file) dan website.
Google Translate
5. Google Docs
Google Docs adalah layanan pembuatan, edit, dan sharing : dokumen, worksheet, presentasi secara online tanpa melakukan instalasi software Office Suite. Jadi dengan Google Docs ini kita bisa membuat dokumen Word, Excel, Powerpoint sekaligus melakukan editing dan sharing secara online.
Google Docs

Menu-menu yang ada di Google Docs juga mirip sekali dengan aplikasi-aplikasi Office Suite yang biasa kita gunakan sehingga dengan mudah kita menggunakannya.
Keuntungan menggunakan Google Docs adalah :
  • Karena Google Docs merupakan aplikasi online maka modal untuk menggunakannya hanya koneksi internet dan internet browser saja
  • Gratis, hanya dengan mempunyai account Google (Gmail) maka siapapun bisa menggunakannya
  • File dokumen yang dibuat bisa dibuka, di edit dan di bagikan kepada siapa saja melalui internet
  • Bisa untuk membuka dan melakukan editing file Office yang kita buat di komputer menggunakan software Office seperti Ms Office
Demikianlah beberapa aplikasi Google yang harus kita coba dan kita manfaatkan. Dan sebenarnya masih banyak aplikasi Google lain yang bisa kita manfaatkan, dan lain waktu kita bahas lagi. Selamat mencoba.

0 komentar:

Posting Komentar

Next Prev
▲Top▲